Adele Dituduh Memplagiat Lagu Turki Untuk ‘Million Years Ago’

Kalau rajin menyimak media sosial, akhir-akhir kerap menjadi pembicaraan oleh netizen Indonesia jika lagu ‘Million Years Ago’ yang terdapa...

Kalau rajin menyimak media sosial, akhir-akhir kerap menjadi pembicaraan oleh netizen Indonesia jika lagu ‘Million Years Ago’ yang terdapat dalam album “25” milik Adele mengingatkan akan lagu tradisional berbahasa Minang yang berjudul ‘Ayam Den Lapeh’.

Nah, dalam taraf internasional, juga ada kehebohan jika lagu itu mirip dengan lagu lain. Sebuah lagu Turki lama lebih tepatnya. Dinyanyikan oleh Ahmet Kaya, lagu rilisan tahun 1985 itu berjudul ‘Acilara Tutunmak’.

Fans lagu tersebutlah yang mengungkapkan akan kemiripan antara ‘Million Years Ago’ dan ‘Acilara Tutunmak’, dan kemudian gencar menuduh Adele telah melakukan plagiat.

Meski begitu, sang istri penyanyinya, Gulten Kaya, ragu jika Adele mencuri lagu tersebut dari almarhum suaminya. Menurutnya tidak mungkin Adele melakukan hal semacam itu, karena akan merusak reputasinya. Meski demikian, jika benar Adele melakukannya dengan sengaja, maka akan tergolong pada pencurian.

Sementara itu, seorang kritikus musik Turki, Naim Dilmener, setuju jika ada beberapa kemiripan antara dua lagu tersebut, namun sama sekali tidak menonjol atau banyak untuk bisa dikategorikan plagiat. “[Ahmet’s song is] an easy tune to figure out,” jelas Naim, “I don’t think Adele listened to Ahmet Kaya’s song and copied it deliberately.“

Related

breaking 9168525642695791444

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

RADIO ONLINE KBRMGL



Winamp, iTunes Windows Media Player Real Player QuickTime Web Proxy
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

Populer

Comments

Find Us On Facebook

Twitter

item