Single of The Day: Nine Inch Nails – Came Back Haunted

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Trent Reznor, frontman band industrial Nine Inch Nails (NIИ), disibukkan dengan proyek solonya, ter...




Dalam beberapa tahun terakhir ini, Trent Reznor, frontman band industrial Nine Inch Nails (NIИ), disibukkan dengan proyek solonya, terutama mengerjakan scoring untuk beberapa film yang memenangkan dirinya sebuah Oscar untuk film The Social Networks di tahun 2011. Namun, setelah 5 tahun semenjak album The Slip (2008), they’re back to the scene. Single pertama untuk album Hesitation Marks, Came Back Haunted, siap untuk dinikmati.
Came Back Haunted. Judul yang cukup bermakna. Bisa jadi ini menjadi pernyataan NIИ jika mereka siap kembali memeriahkan industri musik atau pun bisa jadi mengindikasikan jika mereka siap kembali menawarkan keseruan industrial yang riuh, yang saat ini sudah jarang disentuh oleh kebanyakan musisi. Bisa juga menjadi simbol akan kembalinya sosok raksasa yang memiliki pengaruh dalam skena musik dunia.
Terlepas dari itu, Came Back Haunted adalah yang bisa kita harapkan dari NIИ, deru industrial yang berpadu dengan ambient serta rock alternative yang kental yang bergerak dalam beat industrial yang efektif untuk menciptakan atmosfir kelam. Vokal Reznor yang bekerja dengan baik, di nada-nada rendah maupun tinggi, mempertegas konsep yang diusung oleh Came Back Haunted.
Namun, ada satu yang bisa dicermati. Beat yang berderap cepat, disamping bisa menjadi semacam motivator untuk menggerakkan badan secara aktraktif mengikuti musiknya, terdengar sedikit light dan pop-ish untuk ukuran NIИ. Oh ya, kita masih mendapatkan raungan gitar elektrik, akan tetapi synth yang menderu terdengar mendekati ambang elektro-pop ketimbang industrial.
Tentu saja ini tidak masalah, karena secara umum, Came Back Haunted masih terdengar sangat NIИ, secara struktur melodi hingga (tentu saja) tone dan atmosfir. Sesuatu yang gelap dan disturbing, meski tidak harus membuat Came Back Haunted sulit untuk dicerna. Tidak sama sekali, karena justru Came Back Haunted bisa dikategorikan dalam salah satu lagu yang cukup easy listening.
Musik videonya pun cukup istimewa. Dikerjakan oleh sineas papan atas, David Lynch, yang biasa mengerjakan film-film “unik”, videonya menampilkan banyak gambar-gambar surreal yang mengandalkan editing yang kompleks dan kinektik. Pertama kali ditonton, videonya terasa agak melelahkan untuk dilihat, akan tetapi setelah diulang kembali, ternyata cukup integratif dengan jalinan musiknya. FYI, Reznor pernah membantu Lynch di film Lost Highway di tahun 1997 yang lalu.
And oh yeah, welcome back Nine Inch Nails.
Sumber: Creativedisc 

Related

Rock 1979943695414923938

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo

Populer

Comments

NOW PLAYING THE RADIO

Get the Flash Player to hear this stream.
Tune In:

Klik icon di bawah ini buat download Aplikasi Streaming RadioMGL langsung dari gadget kamu.

Find Us On Facebook

Twitter

item